Sabtu, 18 Juni 2016

makalah fiqih munakahat Aul dan Radd


MAKALAH

FIQH MAWARIS

Tentang

AUL DAN RADD SERTA PENYELESAIANNYA

 





Oleh
Kelompok IX
Perawanis : 1313060103
Nurlisawati : 1313060070
Mimi Andriani : 1313060597
Mira Ahyarti : 1313060164
Nurhusni : 1313060143

Dosen Pembimbing
Efia, M.Ag

JURUSAN EKONOMI ISLAM  
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (FEBI)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
IMAM BONJOL PADANG
1437 M/ 2015 H


KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada pemakalah, sehingga pemakalah dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat beserta salam kita do’akan kepada Allah SWT semoga disampaikan kepada nabi Muhammad SAW, yang telah membawa manusia dari alam kebodohan pada alam yang berilmu pengetahuan seperti yang kita rasakan saat sekarang ini.
Harapan pemakalah semoga makalah yang pemakalah buat ini dapat menambah pengetahuan kita semua tentang Aul dan Radd serta penyelesaiannya.
Selanjutnya tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing mata kuliah Fiqh Mawarisibuk Elfia, M.ag yang telah memberi arahan dalam pembuatan makalah ini, dan terima kasih juga pemakalah ucapkan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan makalah ini.


Padang, Desember 2015


       Pemakalah




BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Ketika ada seseorang meninggal yang disebut dengan pewaris meninggalkan harta warisannya dan ahli waris, maka ahli waris  harus mendapatkan harta warisan sesuai dengan bagiannya masing-masing. 
Di dalam Hukum Waris Islam ada masalah-masalah kewarisan yang diselesaikan secara khusus. Masalah-masalah khusus dalam kewarisan ini adalah persoalan-persoalan kewarisan yang penyelesaiannya menyimpang dari penyelesaian yang biasa, dengan kata lain pembagian harta warisan itu tidak dilakukan sebagaimana biasanya. Masalah-masalah khusus ini timbul karena adanya kejanggalan apabila penyelesaian pembagian harta warisan tersebut dilakukan secara biasa. Untuk menghilangkan kejanggalan tersebut, maka penyelesaian pembagian harta warisan itu dilakukan secara khusus. 
Dalam makalah ini akan membahas tentang aul dan radd yaitu ketika pembagian harta warisan terjadi kekurangan ataupun kelebihan harta.

B. Tujuan Penulisan
Untuk mengetahui penyelesaian  Aul dan Radd yaitu ketika pembagian harta warisan terjadi kekurangan ataupun kelebihan harta.










BAB II
PEMBAHASAN

A. Aul
1. Definisi al-'Aul
Al-'aul dalam bahasa Arab mempunyai banyak arti, di antaranya bermakna azh-zhulm (aniaya) dan tidak adil, seperti yang difirmankan-Nya:
÷y7Ï9ºsŒ … #oT÷Šr& žwr& (#qä9qãès? ÇÌÈ  
Artinya: "... Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya." (an-Nisa': 3).

Secara harfiyah, ‘aul artinya bertambah atau meningkat. Dikatakan ‘aul karena karena dalam praktik pembagian warisan, angka asal masalah harus ditingkatkan atau dinaikkan sebesar angka bagian yang diterima oleh ahli waris yang ada.

2. Latar Belakang Terjadinya ‘Aul
Masalah ‘aul terjadi karena jumlah furudh dari beberapa orang ahli waris yang terkelompok pada satu kasus ternyata melebihi harta yang ada. Artinya, harta yang ditinggalkan tidak mencukupi untuk memenuhi semua furudh tersebut. 
Jumhur ulama berpendapat  bahwa kekurangan kadar harta itu dibebankan kepada semua yang berhak berdasarkan kadar perbandingan furudh mereka, sehingga hak mereka menjadi berkurang secara adil. Kekurangan saham masing-masing terjadi karena asal masalah atau penyebut pecahannya menjadi meningkat hingga sama dengan angka pembilang. Menignkatnya penyebut itu disebut dengan istilah ‘aul, yang secara harfiah mengandung arti menaikkan atau meninggikan.
Dinukilkan bahwa sahabat yang pertama sekali menggunakan teori ‘aul ini adalah Umar bin al-Khattab. Ada pendapat yang mengatakan bahwa ‘aul itu ide dari Zaid bin Tsabit yang kemudian diikuti oleh Umar. Ada pula yang meriwayatkan berasal dari Ali. Ulama sahabat yang paling tegas menolak teri ‘aul ini adalah Ibnu Abbas, ia mengatakan bahwa Umar melakukan cara tersebut karena Umar tidak tahu bagaimana mengatasi kekurangan saham itu, yang kalau dibagikan secara berurutan maka yang berada diurutan terakhir tidak akan mendapat apapun. Menurut Ibnu Abbas seandainya Umar mengetahui siapa diantara ahli waris itu yang harus didahulukan dan siapa yang dikemudiankan, tentu tidak akan terjadi masalah.
Untuk mrnghindari masalah ‘aul ini Ibnu Abbas menjelaskan siapa yang harus didahulukan dan siapa yang dikemudiankan. Orang-orang yang didahulukan adalah ahli waris yang hanya mendapat furudh tertentu dan tidak ada kemungkinan berubah menjadi ashabah, sedangkan yang harus dikemudiankan adalah ahli waris furudh yang dapat menjadi ashabah jika mewarisi bersama dengan saudara laki-lakinya.
Perbedaan pendapat ini tampak bahwa sumber perbedaan pendapat tersebut adalah perbenturan dua prinsip yaitu pelaksaan hukum dan keadilan. Jumhur lebih memilih prinsip keadilan, meskipun apa yang diterima oleh ahli waris sesudah pelaksanaan ‘aul itu tidak sebagaimana furudh yang ditentukan yang walaupun berarti menyalahi hukum, namun kekurangan tersebut sudah ditanggung  bersama secara adil. Sedangkan ulama Zahiri yang mengikuti Ibnu Abbas lebih ke hukum yaitu masing-masing menerima bagian sesuai dengan furudh, meskipun tidak adil sebagaimana mestinya. Penggunaan teori ‘aul ini akan berakibat ahli waris akan menerima hak tidak menurut furudh-nya semula. Adapun teori Ibnu Abbas  berakibat mereka yang mendapatkan giliran kemudian tidak mendapatkan bagian walaupun yang mendapat giliran terlebih dahulu menerima bagian menurut furudh yang ditentukan.
Para ahli faraid juga memberikan sebutan tertentu untuk berbagai kemungkinan ‘aul ini, dan disebutnya sebagai masalah, yaitu:
a. Mubahalah 
Yaitu bila ahli waris terdiri dari mereka yang jumlah furudnya menghasilkan penyelesaian ‘aul dari pecahan per 6 menjadi per 8. Contoh: 
· Suami yang mendapat 1∕2 atau 3∕6
· Saudara perempuan 1∕2 atau 3∕6
· Ibu mendapat 1/3 atau ∕/6
Jumlah: 8∕6 ditingkatkan menjadi 8∕8
b. Gharra’
Masalah ini timbul bila ahli waris terdiri dari mereka  yang jumlah furudnya meneyebabkan penyelesaian secara ‘aul dengan meningkatkan dari pecahan per 6 menjadi per 9. 
Contoh:
· Suami mendapat 1∕2 atau 3∕6
· Saudara perempuan kandung mendapat 1∕2 atau 3∕6
· Saudara perempuan seayah mendapat 1∕6 atau 1∕6
· 3 orang saudara seibu mendapat 1∕3 atau 2∕6
Jumlah: 9∕6 ditingkatkan menjadi 9∕9
c. Ummu al-furukh
Masalah ummu al-furrukh atau disebut juga syuraihiyah terjadi bila ahli waris terdiri dari mereka yang jumlah furudnya menyebabkan penyelesaian secara ‘aul dengan meningkatkan pecahan dari per 6 menjadi per 10.

Contoh: 
· Suami mendapat 1∕2 atau 3∕6
· Ibu mendapat 1∕6 atau 3∕6
· 2 orang saudara kandung mendapat 2∕3 atau 4∕6
· 2 orang saudara seibu mendapat 1∕3 atau 2∕6
Jumlah: 10∕6 ditingkatkan menjadi 10∕10

d. Ummu al-aramil
Masalah ummu al-aramil terjadi bila ahli waris terdiri dari mereka yang jumlah furudnya menyebabkan timbulnya penyelesaian secara ‘aul dengan meningkatkan pecahan dari 12 menjadi 17.
Contoh:
· Istri yang mendapat 1∕4 atau 3∕12
· 2 saudara perempuan kandung dapat 2∕3 atau 8∕12
· 2 saudara seibu mendapat 1∕3 atau 4∕12
· Ibu mendapat 1∕6 atau 2∕12
Jumlah: 17∕12 ditingkatkan menjadi 17∕17

e. Minbariyah
Masalah minbariyah terjadi bila ahli waris terdiri dari mereka yang jumlah furunya menyebabkan terjadi penyelesaian ‘aul dengan meningkatkan pecahannya dari 24 menjadi 27.
Contoh:
· Istri yang mendapat 1∕8 atau 3∕24
· 2 anak perempuan mendapat 2∕3 atau 16∕24
· Ayah mendapat 1∕6 atau 4∕24
· Ibu mendapat 1∕6 atau 4∕24
Jumlah: 27∕24 ditingkatkan menjadi 27∕27
Ulama yang mengamalkan ‘aul akan menyelesaikannya sebagaimana cara diatas dan dikalangan mereka tidak terdapat beda pendapat sesamanya dari segi penyelesaian.

Contoh penyelesaian ‘aul:
Seseorang meninggal dunia, harta warisannya sebesar Rp.60.000.000,-. Ahli waris terdiri dari: istri, ibu, 2 saudara perempuan sekandung dan saudara seibu. Bagaimana penyelesaian ‘aulnya?
Jawab:
Ahli waris
Bagian
Asal Masalah(12)
Harta warisan(Rp.60 jt)
Penerimaan
Istri
1∕4
3∕12
Rp.60 jt
Rp.15 jt
Ibu
1∕6
2∕12
Rp.60 jt
Rp.10 jt
2saudara perempuan kandung
2∕3
8∕12
Rp.60 jt
Rp. 40 jt
Saudara seibu
1∕6
2∕12
Rp.60 jt
Rp. 10jt
Jumlah

15∕12

Rp. 75 jt.

  
Hasilnya terjadi kekurangan harta sebesar Rp.75 jt –Rp. 60 jt = Rp. 15 jt.
Jadi jika diselesaikan dengan cara ‘aul, maka hasilnya jadi:





Ahli waris
Bagian
Asal Masalah(12-15)
Harta warisan(Rp.60 jt)
penerimaan
Istri
1∕4
3∕15
Rp.60 jt
Rp.12 jt
Ibu
1∕6
2∕15
Rp.60 jt
Rp.  8 jt
2saudara perempuan kandung
2∕3
8∕15
Rp.60 jt
Rp.32 jt
Saudara seibu
1∕6
2∕15
Rp.60 jt
Rp.  8 jt
Jumlah
 15∕15

 Rp. 60 jt

Jadi, kesimpulannya angka asal masalah di ‘aulkan dari 12 menjadi 15, karena apabila tidak di ‘aulkan akan terjadi kekurangan harta sebesar  Rp. 15 jt.
B. Radd
1. Pengertian Radd
Radd menurut bahasa berarti kembali dan pulang. Radd merupakan kebalikan dari Aul, yaitu apabila masih ada sisa harta warisan setelah dibagikan kepada ashabul furudh, sedangkan pewaris ashabah tidak ada lagi. Maka sisa harta itu dikembalikan kepada ahli waris sebanding dengan besar kecilnya porsi masing-masing.
Jadi radd adalah penyerahan kembali sisa (kelebihan) dari zawil furudh, dengan porsi masing-masing pada saat tidak ada lagi yang berhak terhadap kelebihan tersebut. Ar radd tidak akan terjadi dalam suatu keadaan, kecuali bila terwujud dalam tiga syarat, yaitu:
1) Adanya pemilik fardh (shahibul fardh)
2) Adanya sisa peninggalan 
3) Tidak adanya ahli waris ashabah) 
2. Pendapat Para Ulama tentang Radd
Tidak ada nash yang menjadi rujukan mengenai masalah radd. Oleh sebab itu, para ulama berbeda pendapat tentang radd ini. Menurut Zaid bin Tsabit, apabila tidak ada ahli waris ashabah maka kelebihan dalam pembagian harta peninggalan (radd) tidak diberikan kepada seorang pun diantara ashabul furudh, tetapi diserahkan kepada baitulmal (kas pendaharaan negara).
Menurut pendaapat jumhur ulama bahwa radd diberikan kepada semua ashabul furudh, kecuali kepada suami / istri, ayah dan kakek. Dengan demikian radd diberikan kepada delapan golongan sebagai berikut:
1) Anak perempuan
2) Anak perempuan dari anak laki-laki
3) Saudara perempuan sekandung
4) Saudara perempuan seayah
5) Ibu
6) Nenek
7) Saudara laki-laki seibu
8) Saudara perempuan seibu

3. Cara Memecahkan Masalah-masalah Radd
Apabila bersama ashabul furudh didapatkan ahli waris yang tidak mendapatkan fardh berupa salah seorang suami/istri, maka salah seorang suami/istri mengambil fardh nya (bagiannya) dari pokok harta peninggalan. Sisa sesudah fardh ini untuk ashabul furudh sesuai dengan jumlah mereka apabila terdiri atas satu golongan, baik yang ada itu hanya seorang diantara mereka, seperti anak perempuan ataupun banyak sepertiga orang anak perempuan. Apabila ashabul furudh lebih banyak dari satu golongan, seperti seorang ibu dan seorang anak perempuan maka sisanya dibagikan sesuai dengan fardh mereka dan dikembalikan sesuai dengan perbandingan fardh mereka pula.
Contoh
Seseorang meninggal dunia, ahli warisnya terdiri atas suami, anak perempuan dan ibu. Harta yang ditinggalkan setelah dipotong biaya pemakaman dan keperluan yang lain, masih tersisa Rp 72 juta.

Ahli waris
Bagian 
Asal masalah 12
Bagian yang diterima
Suami

1/4
3
3 x 6 juta= 18 juta
Anak perempuan
1/2
6
6 x 6 juta = 36 juta
Ibu 

1/6
2
2 x 6 juta = 12 juta
Jumlah

11
    66 juta

Keterangan:
Jumlah asal masalah yang semula 12, kemudian di radd kan menjadi 11, sehingga uang 72 juta dibagi 12 dari asal masalahnya maka hasil nya adalah 6 juta.
Ada sisa uang setelah dibagi kepada ahli waris Rp 6 juta. Dalam masalah radd sisa uang tersebut dibagi selain kepada suami atau istri dengan membuat perbandingan.

Bagian anak perempuan 1/2 = 6
Ibu      1/6 = 2
  8
Jadi bagian anak perempuan  6/8 x 6 = 4,5 juta
       Ibu  2/8 x 6 = 1,5 juta
     6 juta




Maka bagian anak perempuan 36 juta – 4,5 juta = 40,5 juta
Ibu 12 juta – 1,5 juta = 13,5 juta
         54 juta
Suami           18 juta
          72 juta
Didalam kompilasi hukum islam dijelaskan bahwa apabila dalam pembagian harta warisan diantara para ahli waris zawil furudl menunjukan bahwa angka pembilang lebih kecil dari pada angka penyebut, sedangkan tidak ada ahli waris ashabah, maka pembagian harta warisan tersebut dilakukan secara radd , yaitu sesuai dengan hak masing-masing ahli waris, sedang sisanya dibagi secara beimbang diantara mereka.
Sebagai contoh apabila ahli waris hanya seorang anak perempuan dan seorang ibu. Penyelesaian pembagian warisan ini sebagi berikut.
Seorang anak perempuan : 1/2 
Ibu       : 1/6 
Asal masalah (kelipatan persekutuan terkecil) dari 2 dan 6 adalah 6
Seorang anak perempuan : 1/2 x 6 = 3
Ibu  : 1/6 x 6 = 1
      4
Angka 4 pada jumlah tersebut dijadikan sebagai alat masalah baru, sehingga pembagian warisannya menjadi sebagi berikut:
Seorang anak perempuan : 3/4 x harta warisan
Ibu  : 1/4 x harta warisan 








BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pembahasan diatas mengenai Aul dan Radd serta penyelesaiannya maka dapat diambil kesimpulan bahwa aul adalah bertambah atau meningkat. Dikatakan ‘aul karena karena dalam praktik pembagian warisan, angka asal masalah harus ditingkatkan atau dinaikkan sebesar angka bagian yang diterima oleh ahli waris yang ada
Sedangkan Radd adalah penyerahan kembali sisa (kelebihan) dari zawil furud, dengan porsi masing-masing pada saat tidak ada lagi yang berhak terhadap kelebihan tersebut. Ar radd tidak akan terjadi dalam suatu keadaan, kecuali bila terwujud dalam tiga syarat, yaitu:
1) Adanya pemilik fardh (shahibul fardh)
2) Adanya sisa peninggalan 
3) Tidak adanya ahli waris ashabah)
B. Saran
Makalah ini jauh dari kata sempurna, oleh sebab itu penulis megharapkan kritikan dan saran yang membangun dari para pembaca agar penulisan makalah yang akan datang menjadi lebih baik dari yang ini. Semoga makalah bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi pembaca.











DAFTAR PUSTAKA

Amin husein. 2012. Hukum Kewarisan, Jakarta: Rajawali Pers.
As-shabuni, Muhammad Ali. 1995. Pembagian Warisan Menurut Islam, Jakarta: Gema Insani Press.
Muhibbin. 2011. Hukum Kewarisan Islam. Jakarta: Sinar Grafika.
Rofiq, Ahmad. 2012. Fiqh Mawaris, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Syarifuddin, Amir. 2004. Hukum Kewarisan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar